Jenis-jenis Media Sosial – ii

6. Blogging dan jaringan penerbitan Contoh: WordPress, Tumblr, Medium

Mengapa orang menggunakan jaringan ini: Untuk mempublikasikan, menemukan, dan mengomentari konten online. Jaringan blog dan penerbitan memberi orang dan merek alat untuk mempublikasikan konten online dalam format yang mendorong penemuan, berbagi, dan berkomentar. Jaringan ini berkisar dari platform blogging yang lebih tradisional seperti WordPress dan Blogger hingga layanan microblogging seperti Tumblr dan platform penerbitan sosial interaktif seperti Medium. Jika strategi promosi Anda termasuk pemasaran konten (dan jika tidak, Anda mungkin ingin mempertimbangkannya), bisnis Anda dapat memperoleh visibilitas dengan membuat blog. Sebuah blog tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran bisnis Anda dan menghasilkan lebih banyak konten menarik untuk saluran sosial Anda seperti Facebook; itu juga dapat membantu mengukir ceruk untuk merek Anda sebagai pemimpin pemikiran dalam industri Anda. Media Sosial

7. Jaringan belanja sosial Contoh: Polyvore, Etsy, Fancy Mengapa orang menggunakan jaringan ini: Untuk mengetahui tren, mengikuti merek, berbagi penemuan hebat, dan melakukan pembelian.

Jaringan belanja sosial membuat e-commerce menarik dengan menambahkan elemen sosial. Tentu saja, elemen e-commerce muncul di banyak jenis jejaring sosial lainnya — misalnya, Pinterest memiliki Pin yang Dapat Dibeli, dan Instagram menyediakan alat ajakan bertindak dalam bentuk tombol “belanja sekarang” dan “pasang sekarang”. Jaringan belanja sosial mengambil satu langkah lebih jauh dengan membangun situs mereka di sekitar integrasi yang terfokus antara pengalaman sosial dan pengalaman belanja.

Fungsi Sosial Media Layanan seperti Etsy memungkinkan usaha kecil dan perajin perorangan untuk menjual produk mereka tanpa lokasi, dan jaringan seperti produk agregat Polyvore dari pengecer berbeda di satu pasar online, dan Polyvore adalah salah satu komunitas gaya sosial terbesar di internet, dan itu adalah contoh yang baik dari jaringan yang dirancang untuk mengintegrasikan pengalaman sosial dengan pengalaman membeli. Sebagian besar konten dihasilkan oleh pengguna, yang memilih produk yang mereka sukai, membuat kolase, menerbitkannya sebagai satu set, dan kemudian berbagi dengan pengguna lain.

8. Jaringan berbasis minat Contoh: Goodreads, Houzz, Last.fm

Mengapa orang menggunakan jaringan ini: Untuk terhubung dengan orang lain di sekitar minat atau hobi bersama.

Jaringan berbasis minat mengambil pendekatan yang lebih bertarget daripada jejaring sosial besar dengan berfokus hanya pada satu subjek, seperti buku, musik, atau desain rumah. Meskipun ada kelompok dan dan forum di jaringan lain yang ditujukan untuk kepentingan ini, dengan berfokus hanya pada satu bidang yang diminati memungkinkan jaringan ini untuk memberikan pengalaman yang dibuat khusus untuk keinginan dan kebutuhan masyarakat dan komunitas yang memiliki minat yang sama. Misalnya, di Houzz, desainer rumah dapat menelusuri karya desainer lain, membuat koleksi karya mereka sendiri, dan terhubung dengan orang yang mencari layanan mereka.

Jaringan seperti Last.fm (untuk musisi dan pecinta musik) dan Goodreads (untuk penulis dan pembaca setia) juga memberikan pengalaman yang dirancang khusus untuk pemirsa khusus mereka. Jika pelanggan dan audiens sosial Anda berbagi minat yang sama (misalnya, jika Anda adalah penerbit), jaringan berbasis minat dapat menjadi tempat yang baik untuk mengikuti tren saat ini di kalangan penggemar industri Anda atau produknya.

9. Jaringan berbagi ekonomi Contoh: Airbnb, Uber, Taskrabbit

Mengapa orang menggunakan jaringan ini: Untuk mengiklankan, menemukan, berbagi, membeli, menjual, dan memperdagangkan produk dan layanan di antara rekan-rekan.

Jaringan “Berbagi ekonomi”, juga disebut “jaringan ekonomi kolaboratif,” menghubungkan orang-orang secara online untuk tujuan periklanan, menemukan, berbagi, membeli, menjual, dan memperdagangkan produk dan layanan. Dan meskipun Anda mungkin sudah terbiasa dengan jaringan besar seperti Airbnb dan Uber, ada semakin banyak jaringan yang dapat Anda gunakan untuk menemukan tempat anjing, tempat parkir, makanan buatan rumah, dan banyak lagi.

Model online ini untuk peer commerce telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir ketika orang mulai mempercayai ulasan online dan merasa nyaman menggunakannya untuk mengukur reputasi dan keandalan penjual dan penyedia layanan. Menurut sebuah laporan oleh perusahaan riset digital Vision Critical, “Ekonomi kolaboratif saat ini bekerja karena kepercayaan dapat diverifikasi secara elektronik melalui jejaring sosial … media sosial memungkinkan ekonomi kolaboratif berjalan dengan lancar.” Sementara sebagian besar pemasar akan menemukan jaringan ini terlalu spesifik bertarget atau membatasi, jika Anda kebetulan menyediakan jenis produk atau layanan yang diperdagangkan di jaringan tertentu, Anda mungkin ingin melihatnya sebagai saluran lain untuk menghasilkan arahan dan penjualan. Sosial Media Terpopuler

10. Jejaring sosial anonim Contoh: Whisper, Ask.fm, After School

Mengapa orang menggunakan jaringan ini: Untuk bergosip, curhat, mengintip, dan terkadang menggertak. Sementara jejaring sosial utama semakin meningkatkan upaya untuk meminta pertanggungjawaban pengguna atas aktivitas sosial mereka, situs-situs ini sebaliknya dan memungkinkan pengguna memposting konten secara anonim. CBS New York menggambarkan Whisper sebagai “tempat untuk pergi hari ini untuk melampiaskan, berterus terang, atau mengintip rahasia orang lain,” mengatakan situs tersebut berfokus pada “mengubah pengakuan menjadi konten.” Jaringan ini mungkin terdengar seperti tempat yang menyenangkan untuk mengeluarkan tenaga (misalnya, jika Anda remaja dan ingin mengeluh tentang orang tua, guru, pacar, dan sebagainya). Namun, mereka telah terbukti memberikan forum bebas konsekuensi untuk cyberbullying dan telah dikaitkan dengan bunuh diri remaja. Menurut pendapat kami, jaringan sosial anonim adalah langkah mundur menuju hari-hari awal liar-barat internet di saat kami telah belajar pentingnya menjaga internet menjadi tempat yang aman bagi semua orang. Jika layak dikatakan, ada baiknya berdiri di belakang.

Apa pun kebutuhan dan tujuan Anda, Anda akan menemukan apa yang Anda cari di suatu tempat di sosial.

Peralatan dan Perlengkapan Rumah Tangga

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *